Aroma dan rasa buah ini memiliki kemiripan dengan jambu biji. Aromanya harum segar, teksturnya empuk, rasanya lumayan keset, tidak terlalu manisnya, sedikit mengandung air dan berbiji banyak. Jika kita mengunyahnya, di dalam rongga mulut akan timbul sensasi menyenangkan karena biji-biji kecilnya yang tergigit. Selain sebagai buah meja, tin juga sangat lezat dijadikan juice, campuran pudding, isi cake, manisan kering atau dikalengkan dalam sirup gula. Tingginya kandungan pectin, menjadikan buah ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku selai, jelly maupun marmalade dengan rasa lezat dan keharuman yang segar.

buah tin ini biasa disebut dengan fig di eropa sana, buah yang banyak tumbuh didaerah jazirah arab ini sekarang banyak dibudidayakan di banyak tempat, dengan bantuan teknologi modern, buah ini bisa tumbuh dan beruah dimana saja walaupun berbeda suhu dan iklim.

Khasiat Buah Tin

Berdasarkan penelitian California Fig Nutritional Information, buah tin mengandung serat (dietary fiber)yang sangat tinggi.khasiat buah tin tidak berhenti disitu saja Setiap 100 gr buah tin kering terkandung 12.2 g serat sedangkan appel hanya mengandung 2.0g dan jeruk 1.9g. Para Pakar kesehatan sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi tin secara teratur. Selain dapat membantu membersihkan racun di dalam tubuh, serat terkandung juga mampu mencegah kanker kolon dan penyakit degeneratif lainnya, hemm luar biasa bukan.

tidak heran buah tin ini terdapat di alquran (kita suci umat muslim), karena memang khasiatnya yang luar biasa ini, dan lagi-lagi dizaman modern ini, banyak peneliti yang mengurai khasiat buah tin ini, seperti hasil Riset Universitas Rutgers di New Jersey lain lagi. Penelitian Rutgers membuktikan kalau buah tin mengandung antioksidan yang dapat mengikat senyawa karsinogen penyebab kanker. Tin juga mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan bagi kesehatan, diantaranya omega-3 dan omega-6. lemak ini terbukti berperan dalam pencegahan penyakit jantung koroner. Kelebihan yang lain, buah tin rendah lemak, rendah sodium, rendah kalori dan bebas kolesterol sehingga sangat cocok dikonsumsi para penderita diabetes mellitus.

Keistimewaan buah ini tidak berhenti sampai di sini. Beragam vitamin dan mineral bermanfaat terkandung di dalamnya. Setiap 100g buah tiin mengandung vitamin A sebanyak 9.76 IU, vitamin C, 0.68 mg, kalsium, 133.0 mg dan zat besi, 3.07mg. Vitamin dan mineral ini sangat diperlukan tubuh untuk menjaga dan memelihara kesehatan organ tubuh kita. Sungguh “si mungil” yang kaya manfaat!

Potensi Bisnis Buah Tin

Dilihat dari mayoritas penduduk indonesia adalah muslim, maka buah ini sangat bagus untuk dijadikan ladang bisnis baru bagi pengusaha, kenapa, sebut saja produk konsumsi muslim mana yang tidak laku di Indonesia, dari peci, alquran, buku yasin dan lain lain.

nahhh yang kita bicarakan sekarang adalah buah tin yang disebut dalam kita suci ALQuran, bukan saja dari sudut pandang ini saja, khasiat buah tin memang nyata bukan hanya isapan jempol marketing yang suka melebih-lebihkan segala sesuatu seakan seakan 1 kandungan mineral yang bisa menjadi obat mujarab bagi segala penyakit (masih ingat produk kalsium yang bisa mengobati penyakit panu dll – baca: penulisa termasuk korban produk mlm ini hehe), balik lagi ke buah tin, dimana khasiatnya tentu bagi beberapa penyakit, akan tetapi khasiat utama yang pasti ditbutuhkan oleh manusai modern kayak kita ini adalah anti oksidan dan anti karsinogen, kenapa? karena kita hidup dizaman semua hal yang berkaitan dengan aktivitas harian kita pasti bersentuhan dengan hal-hal kimiawi dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, sampai plastik sebagai alat pembungkus makanan kita, dan semuanya mengandung zat yang bersifat karsinogenik.

Jadi intinya jualan buah tin tidak akan rugi, dan pasti ada yang beli.

Potensi lain dari jual buah adalah jual bibit, seperti yang saya sadur dari majalah trubus, kalau ada mahasiswa di mojosari, mojokerto Jawa Timur yang mampu menjual 300 – 500 batang dengan hasil omzet 20 juta perbulan hemmm luar biasa bukan, dan tentu saja itu bukan varian yang premium y, kalau varian premium harga 1 buah bibit buah tint bisa mencapai 1 juta-an wow luar biasa bukan.

Potensi lain yang menjanjikan dari buah tin ini tentu saja sebagai konsultan, kenapa?  dengan pengalaman (jadi harus melewati tahapan sebagai petani dulu ya) maka konsultan tanam buah ini bisa dihargai sangat mahal, kenapa saya sebut demikian, karena salah satu teman dekat saya pernah bertanya ke salah satu konsultan untuk tanam buah ini, mereka memberikan tarif sebesar 20 juta / 500 m2 / project (masa tanam), nahh itupun visitnya cuma 3 kali sebulan, kalau lebih di charge lagi weleh weleh, konsultan emang maknyusss.

nahh itulah potensi bisnis dari buah tin ini, jangan takut jadi tukang kebun, karena sesungguhnya banyak tukang kebun yang jadi juragan (seperti kisah juragan sawit, sengon dll) kerja tidak harus dikantor saja ya agan semua, semoga informasi yang singkat ini bisa memperkaya pengetahuan agan – agan semua tentang buah tin.