Lazimnya tomat berwarna merah, tapi tomat ini mempunyai karakter warna yang sangat berbeda dengan warna merahnya tomat, yaitu warna hitam. Jikalaupun ada warna merah maka warnanya pun hanya minor tidak sedominan warna hitamnya.

Nama panjang tomat ini adalah tomat indigo rose, tomat ini merupakan hasil persilangan spesies antara tomat liar asal Chile dan Kepulauan Galapagos Ekuador. Penemu tomat ini adalah Prof. Jim Myers, Dosen Universitas Oregon, Amerika Serikat.

Potensi Harga Tomat Indigo

Harga tomat pada saat ini berkisar antara 18rb – 24rb (harga di pulau jawa), nahh tomat ini harganya bisa mencapai 80 -90rb/kg nya luar biasa bukan. untuk harga jual ke tengkulak, tomat ini dihargai 30 – 40rb, coba dibandingkan dengan tomat biasa yang harganya cuma 11 – 17rb / kg.

Penyebab Harga Tomat Biasa Hancur ketika Panen Raya

Harga tomat sayur kadang bisa hancur ketika mengalami panen raya, harga ke tengkulak sangat anjlok hingga Rp 300/kg, sangat miris bukan, harga tomat sayur kerap hancur atau terjun bebas karena stok barang melebihi permintaan pasar, sehingga banyak petani yang menurunkan harga agar stocknya cepat laku dan tidak membusuk karena terlalu lama disimpan.

Berdasarkan data Outlook komoditas tomat 2014 yang diterbitkan pusat data dan informasi pertanian, kementrian pertanian, konsumsi tomat sayur pada tahun 2013 mencapai 1,73 Kg per kapita, tetapi ketersediaan tomat 3,76 Kg per Kapita . nahh jelas overload dari permintaan pasar kan, makanya tidak heran kenapa harga tomat tidak stabil, bahkan suka terjun bebas.

Solusi Petani Tomat adalah Tomat Indigo

Tomat ini masih jarang dibudidaya oleh para petani, kenapa tomat indigo masih mahal karena memang stok dipasar masih jarang, dilain itu, tomat ini bukan hanya dipakai sebagai tanaman sayur tetapi juga banyak digunakan untuk terapi herbal.

zat Anti oksidan di tomat indigo selain tinggi tetapi juga terdapat kandungan senyawa antosianin , senyawa ini merupakan senyawa organik dari keluarga flavonoid yang berkhasiat sebagai antioksidan yang super kuat. Warna ungu itu gabungan pigmen feopitin Рpigmen warna cokelat yang terakumulasi dengan karetinoid.

salah satu pemakai rutin yang berhasil mendapatkan manfaat dari tomat indigo adalah Kristanti Wahyuni di Bandung, Jawa Barat. yang hampir 2 tahun tidak mengalami menstruasi akibat kehadiran Mioma pada rahimnya, setelah rutin mengkonsumsi buah tomat indigo setiap hari, kini menstruasinya kembali lancar.

Cerita Sukses Petani Toma Indigo

Pengusaha tanaman tomat yang bernama Ardi Seno, dari Desa CIkahuripan, Kecamatan Lembang, Jawa Barat.Membudidayakan 2.100 tanaman didalama 3 rumah tanam. dari ke-3 rumah tanam tersebut Ardi mampu memanen 40Kg tomat ungu disetiap harinya. dengan dipackaging  250 g dan 500 g dan dijual ke beberapa swalayan maupun ke penjual ekslusif tomat indigo ini.

dengan harga jual 45 – 50 rb/kg, omzet ardi mencapai 1,8 – 2 juta Rupiah per hari atau 54 – 60 juta rupiah / bulan, jika diasumsikan keuntungan bersihnya 20% maka keuntungan ardi antara 10 – 12 juta / bulan, luarr biasa.

Ardi mulai menanam tomat ini mulai dari tahun 2013, setelah jatuh bangun untuk mendapatkan formula tanam terbaik dari tomat ini akhirnya ardi mampu untuk mendapatkan keuntungan yang luar biasa dari budidaya tanaman ini. “permintaan pasar baru terpenuhi sekitar 50%” kata ardi, itulah sebabnya ia kini bermitra dengan pekebun di Kabupaten Magelang, Jawa tengah.