Sudah 5 tahun ini banyak saya temukan para penjual ubi cilembu di pinggiran jalan daerah bekasi, ubi yang terkenal dengan rasa manisnya ini biasa juga dinamakan ubi madu oleh para pembeli. Ubi ini merupakan ubi vaerietas lokal asli Indonesia lo gan, tepatnya asal Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi jalar ini mulai populer di kalangan daerah jawa barat dari tahun 1990-an, kemudian secara bertahap menuju daerah lainnya.

seperti diberitakan di wikipedia Ubi ini tidak tepat untuk digoreng, sebab kandungan gulanya yang tinggi membikin ubi ini sangat mudah “gosong”, dan juga tidak tepat untuk direbus, sebab bau dari “madu” nya bakal bertidak lebih, bahkan hilang. Pada umumnya produk ubi Cilembu diperdandagkan dalam bentuk ubi bakar tidak hanya diolah dalam bentuk kripik, tape, dodol, keremes, selai, saus, tepung, aneka kue, mie, dan sirup. Ubi Cilembu mempunyai kualitas hemat yang tinggi sebab rasa yang khas, manis semacam madu dan legit, struktur dagingnya kenyal dan hebat jadi sangat digemari oleh pelaku usaha tani dan konsumen.

Selain rasa yang sangat manis, warna daging ubi juga lumayan hebat dimana kulit dan daging ubi berwarna krem kemerahan diwaktu mentah dan berwarna kuning bila dimasak dan bentuk ubi panjang berurat. Bentuknya panjang dan kulitnya tidak mulus sebab ada urat-urat panjang yang menonjol. Ketika dipanggang, dibakar, alias dioven, dari kulitnya yang berwarna gading bakal timbul lelehan-lelahan semacam madu.

Ubi Cilembu mempunyai kandungan vitamin A 7.100 IU (international unit). Sebuah jumlah yang lumayan tinggi untuk pembetulan gizi bagi mereka yang ketidak lebihan vitamin A. Padahal, umbi-umbian tipe lain, kandungan vitamin A-nya hanya berada pada angka 0,001-0,69 mg per 100 gram. Tidak hanya vitamin A yang tinggi, juga mengandung kalsium sampai 46 mg per 100 gram, vitamin B-1 0,08 mg, vitamin B-2 0,05 mg dan niacin 0,9 mg, dan vitamin C 20 mg.

Gambar Ubi CIlembu

untuk mengetahui gambar – gambar ubi cilembu silahkan agan perhatikan gambar dibawah ini :


gambar. budidaya ubi cilembu, dan pembibitan ubi cilembu

Perbedaan Dengan Ubi Biasa

Letak perbedaan Ubi Cilembu dengan ubi biasa dengan cara fisik terkesan lebih menonjol, berkulit kecoklatan serta berdaging agak kekuningan, sedangkan ubi biasa ada yang berkulit merah alias coklat serta ada yang berdaging kuning ada juga yang berdaging coklat keputihan. Pasca diopen lebih terkesan lagi kulitnya mengerut serta ada bercak cairan lengket seperti madu yang terciprat dari dagingnya, sedangkan ubi biasa seusai dikukus , rebus kulitnya tidak berkerut serta tidak mengeluarkan bercak apapun. Kulit Ubi CIlembu lebih tebal jadi enak untuk mengupasnya, meski daging buahnya banyak menempel dikulitnya tetapi kita dapat dengan mudah untuk memisahkan daging dari kutinya ini beda dengan ubi biasa yang tekstur kulitnya sangat tipis jadi butuh waktu lebih lama untuk mengupasnya (dibandingkan mengupas Ubi Cilembu).

 gambar hasil panen ubi cilembu, bentuk lebih memanjang.

sedangkan perbandingan rasanya ketika dimakan ubi cilembu mempunyai rasa lebih enak serta manis, dagingnyapun kecoklatan semacam tercampur madu serta agak lengket, untuk ubi biasa rasa manisnya biasa saja bahkan ada yang tak manis alias hambar, dagingnyapun kadang tak sedikit serabutnya.

 

gambar ubi biasa

Untuk harga Ubi Cilembu 5-7x lipat ubi jalar biasa, ya sesuailah ada harga ada rupa hehe, selamat mencari dan berkuliner ubi cilembu ya bagi agan dan aganwati semua.